Wolverine dan Hak Cipta Karakternya

Wolverine

Pada bulan Oktober 1974, Marvel mengeluarkan komik Incredible Hulk #180 yang menampilkan penampilan pertama seorang pria asing dari Kanada dengan cakar yang kuat. Karakter ini awalnya dikenal sebagai Weapon X, seorang mutan dengan kemampuan penyembuhan yang luar biasa dan cakar adamantium. Namun, kemudian karakter ini dikenal dengan nama Wolverine dan menjadi sangat populer di kalangan penggemar Marvel.

Kisah ini diciptakan oleh Len Wein dan digambarkan oleh Herb Trimpe, sementara desain kostum Wolverine disusun oleh John Romita Sr dengan arahan dari Roy Thomas.

Meskipun selama beberapa dekade yang lalu hanya Len Wein dan Herb Trimpe yang sering disebut sebagai pencipta Wolverine, namun seiring dengan popularitas karakter ini yang semakin meningkat, Roy Thomas juga mulai diakui sebagai salah satu penciptanya.

Baca Juga : Peranan Utama dalam Penyelenggaraan Pertunjukan Teater, Apa Fungsinya?

Kunjungi Juga : perancatoto

Perubahan ini diungkapkan oleh editor komik, Bobbie Chase, dalam sebuah posting di Facebook.

Tentang kontroversi ini, Roy Thomas menunjukkan rasa kecewanya terhadap pandangan negatif yang banyak diterimanya.

“Aku mendapati diriku terjebak dalam situasi sulit hanya karena mencoba mendapatkan pengakuan atas kontribusi yang sebenarnya sudah diketahui oleh banyak orang selama bertahun-tahun. Aku merasa seolah-olah digambarkan sebagai orang yang mencuri penghargaan dan uang dari Len Wein,” ujarnya.

“Bagiku ini bukan masalah uang. Aku tahu aku tidak akan mendapatkan apapun dari royalti tersebut dan aku sama sekali tidak bermaksud mengambil hak yang seharusnya dimiliki oleh keluarga Len dan Romita. Aku juga tidak tahu bagaimana kesepakatan keuangan mereka dengan Marvel. Aku sudah mendapatkan imbalan atas kontribusiku pada karakter lain dalam Marvel,” tandasnya.

Sumber : DetikPop

Kunjungi Juga : perancatoto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *